CAKRA NUSANTARA ONLINE "Mengusung Fakta Tanpa Rekayasa" (Kirimkan berita anda melalui : e-mail : cakranusantara84@yahoo.co.id)

SMAN 01 Kota Sukabumi Dinilai Tim Juri LSS Tk Provinsi Jawa Barat Tahun 2017

 SMA Negeri 1 kota Sukabumi sebagai kandidat sekolah sehat, sudah dinilai oleh Tim  Juri LSS (Lomba Sekolah Sehat) Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2017, tepatnya hari Selasa, 7 November 2017.   Kedatangan Tim Juri tersebut, disambut dan diterima secara resmi oleh Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., bertempat di Ruangan Utama Balai Kota Sukabumi.   Usai diterima secara resmi oleh Wakil Walikota Sukabumi, Tim Juri LSS beserta rombongan melakukan penilaian ke Sekretariat TP UKS (Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah) kota Sukabumi, dilanjutkan penilaian ke TP UKS Kecamatan masing-masing, serta ke TK AL Jihad, SD Negeri Sukakarya 2, SMP Negeri 16 dan SMA Negeri 1 kota Sukabumi.  
     Ketua Tim Juri LSS Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2017, H. Teddy Hidayat, M.Pd. menjelaskan, penilaian LSS tahun 2017 tidak dilaksanakan di Tingkat Wilayah BKPP (Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan), tetapi langsung ke Tingkat Provinsi Jawa Barat.   Selain itu juga dijelaskan, dari semua tingkatan sekolah se - Provinsi Jawa Barat yang mengikuti LSS ini, akan dipilih masing-masing 5 besar, serta akan dilakukan rechecking untuk memilih 3 besar di Provinsi Jawa Barat.  
     Kepsek SMANSA Rachmat Mulyana S.pd., M.Hum. menuturkan; Pada awalnya kita diberikan amanah oleh kota, kita menjadi juara I LSS tingkat kota.   Tentunya ini menjadi sebuah tanggungjawab untuk mengawalnya sampai ke tingkat Provinsi.   Dan yang perlu digarisbawahi bahwa kegiatan LSS ini tidak melulu berbicara tentang juara atau tidak, tetapi LSS ini merupakan sebuah momentum pembiasaan kepada anak – anak untuk bisa hidup sehat, bersih, sehingga mereka akan terjaga kesehatannya baik fisik maupun mental sehingga bisa meningkatkan dalam sisi prestasi tentunya.   Karena tidak mungkin sesuatu hal yang mustahil apabila anak sering  sakit, banyak mengeluh, itu kalau dari sisi prestasi ya tentu tidak mungkin tercapai.  
     Kedua tentunya dengan adanya pendekatan pembiasaan berbudaya sehat ini nanti akan berimbas  terhadap lingkungan juga, karena lingkungan pun serta merta harus menyesuaikan diri dan memenuhi standar yang disiratkan, contoh : Ruang Main, Ruang Hijau, Ruang Belajar dan segala-galanya harus menyesuaikan, itu merupakan bagian dari layanan pendidikan yang harus di Standarkan.   Dan tentu pada akhirnya LSS ini yang UKS khususnya, Itu yang perlu dipahami bukan hanya sekedar ruangan untuk anak yang pingsan, yang sakit, bukan itu tetapi UKS adalah sebuah Program kegiatan yang mana mencoba mengedepankan pembiasaan-pembiasaan hidup sehat.  
     Kriteria terutama dari tiga sisi, karena UKS itu kan ada Trias UKS : Pertama dari Pendidikan Kesehatannya, Kedua dari Pelayanan Kesehatannya dan yang Ketiga dari Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat.        “Walau bagaimanapun Juara bukan tujuan utama, tetapi itu merupakan sebuah hasil Usaha”. Pungkas Rachmat. 
     Seusai penilaian di masing - masing sekolah, Tim Juri melanjutkan Evaluasi Hasil Penilaian, yang bertempat di Rumdin (Rumah Dinas) Walikota Sukabumi, sekaligus acara pelepasan secara resmi terhadap Tim Juri LSS tersebut.          Taufiq - A.S    
.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design By Miftah/Cakra Nusantara | Published By CAKRA NUSANRATA